Printer adalah salah satu perlengkapan kantor yang saat ini sudah sangat banyak ditemukan. Bahkan ragamnya juga semakin meluas, mulai dari printer untuk mencetak kertas pada skala personal, sampai printer untuk industri yang lebih luas dan besar. Merk printer pun saat ini juga semakin banyak, tidak hanya didominasi oleh Epson dan Canon sebagai salah sedikit dari penguasa percetakan sejak jaman dulu. Kebutuhannya meningkat seiring semakin populernya komputer dari masa ke masa. Namun tahukah Anda bahwa bahasa printer dengan bahasa komputer itu berbeda? Artinya, perlu ada translator di antara keduanya agar proses percetakan dapat dilakukan. Inilah yang kemudian muncul pertanyaan, apa itu printer driver?

Printer Driver
Printer Driver

Pertanyaan ‘apa itu printer driver’ mungkin menjadi pertanyaan yang cukup segmented, karena tidak semuanya pernah mendengar apa itu printer driver. Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan sedikit wawasan mengenai istilah tersebut sembari menjawab pertanyaan yang juga menjadi judul dari tulisan ini. Secara mudah, printer driver dapat diartikan sebagai translator. Tepatnya translator komputer kepada printer. Bentuk dari printer driver adalah virtual atau perangkat lunak (software). Software ini menerjemahkan perintah komputer yang mengirim file yang akan dicetak ke printer sebelum printer menggambarkan apa yang akan dicetak dalam prosesornya. Barulah setelah itu proses percetakan dimulai dengan kecepatan dan kualitas yang berbeda-beda.

Namun itu belum sepenuhnya menjawab pertanyaan ‘apa itu printer driver’. Ada tugas lain yang software ini lakukan yang bertugas menjadi penerjemah ini. Tugas tersebut adalah bagian dari fungsi kontrol, yakni mengatur margin setiap halaman dan kontrol dalam hal cetak halaman. Selain itu, printer driver juga akan memberikan tanda pada komputer bila beberapa hal berikut terjadi. Contohnya, posisi level tinta baik saat cukup maupun hampir habis, perintah mengalami error yang akan membuat proses percetakan akan terhambat, kertas yang terbelit di dalam printer sehingga menghentikan proses percetakan, dan lain sebagainya. Sampai di sini saja, peran printer driver sudah sangat penting dan dibutuhkan oleh komputer.

Biasanya, printer driver memerlukan instalasi pada kali pertama printer dihubungkan pada komputer. Ini adalah sinyal komputer bahwa ia perlu ‘berkenalan’ dengan perangkat yang terhubung dengannya. Maka untuk melakukannya, Anda perlu memasukkan keping CD bawaan pada printer. Namun bila hilang, Anda harus melakukan instalasi secara online atau dengan driver pada website printer tersebut. Bila instalasi ini berhasil, artinya komputer mengenal dan menerima keberadaan printer yang terhubung padanya. Setelah itu barulah proses percetakan dapat dilakukan. Namun perlu dicatat, setiap printer memiliki drivernya masing-masing sehingga tidak bisa dipasangkan pada printer yang berbeda. Demikian sekilas tentang apa itu printer driver.

Apa Itu Printer Driver? Berikut Penjelasannya
Tagged on: