Cara Mendapatkan NPWP Untuk Fresh Graduate Belum Pernah Bekerja

Beberapa perusahaan atau instansi kini mewajibkan para pencari kerja untuk menyertakan persyaratan NPWP sebagai persyaratan utama. Sayangnya, tidak semua orang memiliki NPWP, terutama para pencari kerja yang baru lulus kuliah. Maka dari itu, untuk mempermudah proses pencarian kerja, ada baiknya setelah lulus kuliah segera membuat NPWP, meskipun belum bekerja, Anda masih bisa kok mendapatkan NPWP sendiri, bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

Minta Surat Keterangan Di Keluarahan

Langkah pertama mencoba meminta surat keterangan di keluarahan, supaya Anda datang dengan tidak sia-sia ke KPP, sudah mengantri tapi ditolak dan tidak membawa NPWP, ada baiknya jika mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan membuat surat keterangan tentang status pekerjaan Anda. Bila belum bekerja maka Anda bisa meminta dibuatkan surat keterangan di keluaran yang berisi status tersebut yang memang disesuaikan dengan kondisi Anda pada saat ini, apakah Anda bekerja secara freelance atau berwirausaha. Usahakan untuk tidak mengisi keterangan belum bekerja bila Anda memutuskan membuat NPWP di KPP.

Dapatkan NPWP Secara Online

Kantor Konsultan Pajak Jakarta.Jika tidak ingin mengantri dan ditolak karena memang belum bekerja, ada baiknya Anda mencoba mendapatkan NPWP secara online, di pajak.go.id. Cukup masuk halaman tersebut dan pilih e-registration, isi kolom nama, password, alamat email dll dengan baik dan benar, terakhir klik save. Aktivasi akun Anda dengan membuka email aktif yang Anda daftarkan.

Mengisi Data Pekerjaan

Untuk meluluskan NPWP, mungkin Anda perlu melakukan modifikasi pekerjaan, bukannya berborhon, Anda bisa memodifikasi data dengan tujuan untuk memperoleh NPWP, Anda bisa mengisi bagian kolom pekerjaan dengan freelance atau pegawai swasta supaya prosesnya bisa dilanjutkan, lantasi di bagian alamt tinggal atau alamat usaha, isi saja dengan menggunakan alamat KTP.

Periksa Email

Setelah selesai mengikuti cara awal membuat NPWP secara online, maka Anda akan menerima email yang isinya nomor transaksi, cukup masuk lagi dengan memakai alamat email dan carilah informasi tentang KPP mana yang mengeluarkan NPWP Anda.

Menunggu Aplikasi Permohonan

Selesai dengan semua langkah di atas, maka Anda hanya perlu menunggu permohonan disetujui, bisa dilihat di email. Bila disetujui maka Anda bisa mengambil kartu NPWP di KPP jangan lupa bawa bukti pendaftaran online.

Cara Mendapatkan NPWP Untuk Fresh Graduate Belum Pernah Bekerja