Jantung berdebar debar itu “sinyal”. Sesuatu tidak beres terjadi. Lebih lagi, jantung berdebar dan sesak nafas terjadi dalam waktu bersamaan. Solusinya? Baca disini:

Bila membahas tentang jantung berdebar debar, orang yang pernah merasakannya akan sangat panik dibuatnya. Yap, palpitasi atau jantung berdebar memang momok menakutkan. Bahkan, bukan hanya orang yang menderita kondisi penyakit tertentu yang merasakannya. Orang yang bugar dan sehat juga memiliki risiko merasakan jantung berdebar kencang.

Kenapa semua orang berpotensi merasakan jantung berdebar? Kenapa orang yang bugar dan sehat dapat mengalaminya? Perlu Anda ketahui, jantung berdebar bukanlah sebuah penyakit. Bisa jadi, ini merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Anda sedang terjadi. Kebanyakan, menyangkut kesehatan tubuh.

Pernahkah Anda melihat film di mana sebuah kapal laut yang akan tenggelam menembakkan pistol suar ke udara sebagai sinyal pertolongan? Kalau pernah, mungkin simulasi ini berkaitan dengan tanda dari jantung Anda yang berdebar debar.

Apa hubungannya?

Kita semua mengetahuinya, jantung adalah organ paling vital bagi manusia. Memegang fungsi dan peran yang luar biasa penting. Dari peranan ini, jantung bukan hanya memegang fungsi dan peran penting, tapi bisa menjadi ukuran kesehatan seseorang.

Jadi, boleh saja Anda menganggap bahwa debaran jantung abnormal ini adalah hal biasa. Tapi, yang terbaik, sebaiknya anda menganggap jantung berdebar debar abnormal ini Anda sebagai sinyal bahwasanya tubuh Anda berada dalam kondisi abnormal. Apa solusinya? Segera lakukan pengecekan medis dan konsultasi dengan tenaga ahli berkaitan dengan jantung dan keseluruhan kesehatan tubuh.

Hubungan Jantung Berdebar dan Sesak Nafas

Jantung berdebar abnormal dan sesak nafas sering kali terjadi dalam satu waktu. Kenapa bisa demikian? Jantung dan paru-paru memegang fungsi dan peran penting yang kurang lebih sama pada manusia. Paru-paru berperan sebagai tempat pertukaran dari oksigen dan karbondioksida. Sedangkan jantung mengambil peran sebagai pemompa darah yang mengangkut oksigen dan karbondioksida yang kemudian terhubung dengan paru-paru.

Lalu, apa hubungannya bila jantung berdebar dan sesak nafas terjadi dalam satu waktu? Ini adalah kondisi dimana benar-benar terjadi sesuatu yang tidak benar dalam tubuh Anda. Kalau secara bersamaan kedua organ vital ini menunjukkan tanda tidak beres, segera lakukan pemeriksaan guna melihat apa sebab musabab hal ini bisa terjadi.

Penyebab Jantung Berdebar Debar Serta Sesak Nafas

Ada beberapa penyebab yang dapat menjadi akar masalah hal ini terjadi kepada Anda, seperti:

  1. Serangan panik
  2. Anemia
  3. Gejala gagal jantung
  4. Atrial fibrilasi (gangguan pada atrium jantung)
  5. Gejala jantung koroner
  6. Pulmonary Hypertension (darah tinggi)
  7. Hypertiroid (masalah pada kelenjar tiroid)
  8. Kafein, rokok, alkohol, obat-obatan, dan lainnya.

Penyebab jantung berdebar dan sesak nafas di atas tentunya penyakit yang tidak bisa Anda anggap enteng. Bila jantung dan paru-paru sudah mengirim sinyal untuk Anda, sebaiknya tanggapi dengan penanganan yang serius.

Penanganan yang tepat dan cepat adalah kunci guna menyelesaikan masalah jantung berdebar debar yang Anda alami. Jangan panik dan gegabah ketika hal ini terjadi, penanganan tenaga ahli medis terkait akan memberikan solusi yang terbaik untuk Anda. Bila Anda mengalaminya, bukan berarti kesehatan hidup Anda sedang terancam. Sekali lagi, jangan panik dan tetap tenang menghadapinya. Semoga artikel ini membantu Anda dan lebih bersyukur untuk mencegah daripada mengobati penyakit, ya.

Jantung Berdebar Debar dan Sesak Nafas Adalah Sinyal “Buruk” Bagi Tubuh