Jantung koroner, secara medis dinamakan penyakit jantung iskemik merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya pada dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak mempersempit arteri sehingga jantung tidak tidak sedikit mendapatkan darah. Hal ini menyebabkan akan timbul serangan jantung dengan ditandai nyeri pada dada.

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di jantung sebab adanya akibat penumpukan lemak tersebut. Ada sejumlah faktor yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung koroner. Sayangnya, tak seluruh orang menyadarinya. Berikut ini ialah lima hal tak tersangka penyebab penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Sakit Jantung

sakit jantung

• Seseorang beristirahat untuk membiarkan tubuh bekerja keras untuk membetulkan DNA, meningkatkan kadar vitamin, dan menghasilkan antioksidan. Penelitian mendapatkan hasil bahwa seseorang yang beristirahat dengan intensitas yang lumayan lama sekitar jam dalam semalam, orang yang menerapkan itu untuk terhindar dari penyakit jantung.
• Kurang berbahagia Para ilmuwan sudah meminta sekelompok orang dengan risiko penyakit jantung. Penelitian mendapatkan hasil bahwa bahagia dan optimis mempunyai risiko lebih rendah penyakit jantung daripada peserta lainnya.
• Tidak hidup sehat karena pola makan tidak teratur. Misalnya makan hanya 2 kali sehari dengan jadwal yang tidak tepat, pertama makan saat jam 2 siang kemudian makan malam dilanjutkan hampir jam 10 malam.
Mencegah sakit jantung lebih baik daripada mengobat di masa yang mendatang. Kesehatan adalah prioritas utama bagi setiap individu. Berikut cara-cara untuk melakukan pengobatan pada penyakit jantung koroner, antara lain:
• Merawat diri sendiri. Berolahraga selama 20 hingga 30 menit minimal satu minggu sekali. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang susah seperti jogging, yoga, atau aerobik. Apabila seseorang sedang terluka, bisa melakukan berolahraga dengan menghindari olahraga di bagian cidera atau terluka untuk tetap mempertahankan fungsi fisik saat pemulihan.
• Meminum obat-obatan juga bisa menjadi alternatif bagi pengidap penyakit ini Dokter akan menganjurkan menggunakan obat-obatan untuk mengatasi penyakit jantung, misalnya obat golongan beta bloker atau karvedilol, aspirin
• Melakukan operasi atau pembedahan untuk mengembalikan aliran darah dari jantung ke jantung dengan memakai arteri atau vena yang sehat untuk arteri yang tersumbat.

Sakit Jantung