panduan cara memandikan bayi baru lahir

Bayi yang baru saja lahir sudah tentu memiliki kondisi yang masih sangat rentan dan lemah sehingga dalam segala penangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga pemahaman informasi sangat penting, salah satunya yaitu informasi mengenai cara memandikan bayi baru lahir. Bagi ibu yang baru saja memiliki anak pertama, memandikan bayi yang baru saja lahir akan menjadi pengalaman pertama yang sangat mengesankan sekaligus menegangkan. Hal ini tentu saja disebabkan karena pemahaman mengenai berbagai informasi penanganan bayi belum dikuasai secara maksimal. Namun, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan dibahas secara langsung mengenai langkah memandikan bayi yang baru lahir yang tali pusarnya sudah lepas dengan benar.

Simak Beberapa Langkah Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Ini

  1. Langkah pertama cara memandikan bayi baru lahir adalah dengan menyiapkan segala keperluan seperti air hangat yang sudah dipersiapkan di dalam bak mandi dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin kira-kira pada 37 derajat dengan tinggi sekitar 5 cm saja. Selain hal tersebut, perlengkapan lain seperti handuk, sabun mandi cair, dan tentu saja persiapan berupa pakaian yang akan dikenakan, bedak, dan minyak di atas kasur agar bayi bisa langsung mendapatkan kehangatan setelah mandi. Selanjutnya, pindahkan bayi perlahan-lahan ke dalam bak mandi dengan posisi berbaring dan agak tegak.
  2. Cara memandikan bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dengan menahan pada bagian belakang kepala dan juga pada bagian leher dan mulai menyeka perlahan-lahan serta lembut ke beberapa bagian tubuh bayi seperti bagian kepala dan seluruh tubuh menggunakan waslap yang lembut dan halus sehingga kulit bayi tidak terlukai. Setelah itu, tuangkan sabun mandi tersebut ke dalam waslap lalu usapkan perlahan-lahan di seluruh tubuh bayi. Kemudian bilas tubuh bayi dengan waslap yang bersih dan tidak mengandung cairan sabun sebagai tahap pembilasan. Bersihkan setiap lekuk bayi karena biasanya sabun akan terselip di lekukan tersebut.
  3. Langkah terakhir yaitu dengan membersihkan kelopak mata, area kelamin, area pantat, dan bagian yang lainnya lalu angkat bayi dengan bagian telapak tangan sudah mengenakan handuk. Bungkus tubuhnya dengan menimang agar kasih sayang yang Anda berikan bisa secara langsung dirasakan oleh bayi. Bawa bayi ke kasur tempat dimana segala peralatan sebelum mandi tadi sudah disiapkan. Jangan lupa oleskan minyak telon pada tubuh dan taburi bedak bayi agar wangi yang ada memberikan kenyamanan. Setelah itu, kenakan pakaian kepada bayi dengan pakaian khusus lalu balut bayi dengan menggunakan kain panjang agar tidak kedinginan. Cara ini juga digunakan agar postur tubuh bayi terbentuk tegap dan sesuai dengan bentuk proporsi tubuh yang sempurna. Nah, beberapa cara memandikan bayi baru lahir menggunakan Zwitsal di atas bisa langsung Anda praktekkan di rumah.
  4. Simak Juga Artikel lainnya https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-memandikan-bayi-baru-lahir-dengan-aman
Tips dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir